PARTNER DIGITAL USAHA ANDA

Mengapa Memiliki Toko Online Itu Penting?

Di post kali ini, Bunda akan kasih tau pentingnya punya toko online. Sudah banyak artikel mengenai pentingnya punya toko online, jadi supaya lebih tersimpan di memori, Bunda akan ulangi lagi beberapa plus bahas beberapa sisi lainnya.

 

Serius

Dengan memiliki toko online, calon pembeli Anda tahu bahwa Anda serius. Hal ini akan lebih diperkuat bila toko online Anda telah memiliki sertifikat aman yang ditandai dengan “https” di awal alamat website Anda dan bukannya hanya “http”. Dengan ini pelanggan nggak perlu ragu memasukkan data-data yang bersifat pribadi.

Reliabel

Anda nggak mau kan dikatain bahwa toko Anda adalah toko abal-abal, penipu, nggak sesuai profil? Dengan memiliki toko online, calon pembeli akan makin percaya diri berbelanja produk Anda.

Menembus Ruang dan Waktu

Dengan memiliki toko online, artinya pengunjung toko Anda bisa dari mana saja. Usaha Anda yang tadinya hanya diketahui lokal di area sejangkauan tangan Anda, kini telah mendunia. Bahkan produk Anda dapat dilihat oleh orang yang berada di benua dan zona waktu yang berbeda dengan Anda.

Tanpa Jam Operasional

Toko online menyala setiap saat 365 hari setahun, 7 hari seminggu, 24 jam sehari, jadi Anda nggak perlu capek nungguin toko. Waktu bisa Anda fokuskan untuk hal lain yang lebih prioritas.

Modal Minim

Ini berita baiknya, terutama untuk yang baru merintis usaha. Kalau Anda sudah memiliki produk dan bingung bagaimana cara agar orang-orang di luar sana mengerti bahwa Anda eksis dan produk Anda bermanfaat bagi mereka karena kocek Anda nggak cukup dalam untuk sewa ruko atau stand di dalam pusat perbelanjaan, Anda cukup cari pembuat website toko online yang Anda yakini. Modal dan operasional toko online nggak sebesar kalau Anda punya toko fisik. Hal lainnya, Anda nggak perlu bingung mempekerjakan ahli IT. Anda cukup belajar mengelola website toko online Anda.

 

Saya udah punya Facebook,

Saya udah punya Instagram,

Saya juga udah toko di beberapa marketplace yang ada,

WA saya juga saya pakai jualan,

Cukup lahh jualan dari situ.

 

Sesungguhnya, pemirsa, itu nggak cukup. Ada hal lain yang lebih besar dibalik pentingnya punya toko online.

 

Laporan Penjualan dan Statistik

Dengan memiliki toko online, Anda nggak perlu repot rekap data penjualan beserta tetek bengeknya sendiri. Semua lengkap bisa Anda lihat di dasbor toko online Anda. Dan sudah dilengkapi dengan statistik pula. Lebih nggak repot lagi kan? Semua cukup dikumpulkan dan dipelajari di satu area.

Membangun Daftar Pelanggan

Punya toko di marketplace memang menguntungkan. Nggak perlu punya toko fisik, nggak perlu punya toko online sendiri, tapi udah punya banyak market dan udah bisa jualan.

Itukah yang Anda pkirkan?

Anda lupa satu hal. Di Facebook, di Instagram, di marketplace, di WA, memang bisa jualan, tapiiiii.. yang punya data pelanggan Anda bukan Anda sendiri looo.. nggak sayang udah punya pelanggan tapi nggak punya datanya?

Di toko online, Anda bisa punya daftar pelanggan Anda sendiri lengkap dengan data-datanya. Kenapa ini penting? Karena kalau Anda sudah punya base pelanggan, kalau Anda mau menawarkan promo atau produk baru di toko Anda, Anda tinggal kirim email ke mereka dan mereka membuka informasi itu di wilayah otonomi pribadi mereka, bukan di area publik. Mereka akan lebih merasa diperhatikan karena Anda mengirimkannya secara pribadi pula.

Menambah Pintu Penghasilan

Nggak pengen?

Serius?

Udah punya Facebook, punya Instagram, punya akun di beberapa marketplace, nggak pengen dikasih satu pintu lagi buat nambah penghasilan?

Jangan kelewatan kalau becanda ah. Ntar kedengeran malaikat lewat berabe loh.

 

Kira-kira begitu pentingnya punya website toko online sendiri.

 

Tahu Siapa yang Membuat Toko Online, Juga Penting

Nah, ini dia yang paling penting penting. Bunda kasih tau ya, jangan cari yang asal. Nggak papa deh yang penting punya toko online.

Nggak papa deh yang penting murah.

Nggak papa deh yang penting bisa pajang produk.

 

Noooo!!! Jangan pernah terbersit sedikit pun pikiran-pikiran seperti di atas. Pikirkan dengan matang siapa yang akan membuatkan toko online Anda. Yang harus Anda pegang adalah bahwa: nggak ada layanan yang murah itu bagus (walaupun ada juga yang mahal tapi juga belum tentu bagus), dan layanan bagus yang harganya masuk akal (masuk akal ya, bukan murah) itu ada.

 

Bunda kasih sekalian deh tips cari jasa pembuatan toko online: cek website calon pembuat toko online Anda. Pelajari secara menyeluruh informasi yang ada di websitenya dan nilai aspek-aspek dibawah ini:

 

  1. Penampilan
    Mereka para calon pembuat toko online Anda adalah orang-orang yang seharusnya paling memahami seluk beluk website, mulai design hingga codingnya. Jadi tampilan websitenya selain bagus desainnya, tampilannya nggak bikin sakit mata, juga minim error. Yang paling penting, dibuka di perangkat mobile pun nggak menyiksa mata dan jempol Anda. Contoh: ukuran font tidak terlalu kecil dan dempet, tombol atau link yang bisa diklik nggak terlalu dempet dengan link lain, dan lain-lain.
  1. Pengalaman
    Periksa juga berapa lama pengalaman membuat toko online. Semakin lama dan semakin banyak, maka semakin banyak pemahaman terhadap pembuatan toko online.
  1. Pemahaman
    Kalau pengalaman di bidang pembuatan website sudah banyak dan lama, pastinya mereka tahu dengan pasti apa saja yang akan Anda butuhkan untuk toko online Anda dan menyertakannya dalam layanan yang ditawarkan untuk Anda.
  1. Pelayanan
    Cek juga layanan apa saja yang bisa mereka berikan untuk Anda. Tentu saja ini berdasarkan pemahaman dan pengalaman masing-masing penyedia jasa ya. Makanya, pilih dengan teliti siapa yang akan Anda minta untuk membuatkan toko online Anda.
  1. Perbantuan
    Perhatikan juga support yang disediakan untuk Anda setelah toko online Anda jadi dan siap dipakai berjualan. Anda nggak mau kan dilepas begitu saja tanpa dipandu dan disupport setelah serah terima website? Paling nggak, cari yang bersedia mengajarkan cara mengisi dan mengelola toko online Anda, malah kalau bisa, cari yang bisa mengisikan sekalian. Cari yang bersedia kasih support teknis kalau ada masalah dengan toko online Anda, dengan waktu respon sesegera mungkin, karena ini berpengaruh pada jalannya toko online Anda. Kalau toko online Anda sedang bermasalah, pengunjung dan calon pembeli juga nggak nyaman kan? Belum lagi kemungkinan Anda kehilangan prospek pendapatan. Duh!

 

Sekilas Tentang BundaPanda

BundaPanda adalah layanan yang didirikan untuk menjawab keresahan pemilik usaha. Baik itu usaha yang masih baru, usaha yang sudah berjalan namun belum memiliki toko online, usaha yang sudah memiliki toko online namun tidak memiliki waktu untuk mengelola toko online, maupun untuk pemilik usaha yang nggak mau ribet dengan tetek bengek toko online.

Di belakang BundaPanda ada Panda, yang sudah berpengalaman mengembangkan ratusan (mungkin ribuan, nggak pernah ngitung juga sih.. haha) website baik company profile maupun perusahaan, baik dalam maupun luar negeri, sejak akhir 2008. Panda juga merupakan salah satu pekerja lepas dengan rating tinggi di salah satu website penyedia jasa pekerja lepas dunia. Selain Panda, juga ada Bunda. Bunda memang pernah ikut memegang urusan teknis, tapi itu dulu waktu belum ada anak-anak. Karena perkembangan teknologi dari Bunda berhenti sampai sekarang udah banyak banget, kelamaan kalau Bunda harus belajar lagi. Makanya sekarang Bunda cuma mengurus hal lain selain teknis.

Dengan pengalaman di atas, kami yakin BundaPanda paham betul kebutuhan Anda sebagai pemilik usaha mengenai apa saja yang akan Anda butuhkan untuk toko onlina Anda. BundaPanda menyediakan solusi menyeluruh. BundaPanda menyediakan layanan lengkap mulai dari membuatkan, mengisikan, hingga mensupport toko online Anda. Keseluruhan detil layanan ini dapat Anda lihat lengkap di Paket Toko Online Pink.

Harga Paket Toko Online Pink yang BundaPanda sediakan sangat terjangkau, mengingat banyak yang kami persiapkan agar website toko online Anda siap berjualan.

Beritahu kami jika Anda sudah siap memiliki pintu tambahan penghasilan ya?

 

Salam,

Bunda

Bunda Dita

Bundanya 2 gadis kecil (6 tahun dan 4 tahun). Dulu, sebelum saya melahirkan anak pertama, saya bantu Panda untuk menjalankan usaha di bidang web design. Sejak melahirkan, saya full ngurus suami, anak-anak, dan rumah. Sekarang anak-anak udah agak gede, udah bisa dikasih tau, saya balik bantuin Panda. BundaPanda adalah proyek pertama kami berdua.

Tinggalkan Komentar